TEKNIK
PERKAPALAN
Þ
MIDSHIP
= BAGIAN TENGAH LAMBUNG KAPAL.
Þ
ANCHOR
= JANGKAR.
Þ
MAIN
ENGINE = MESIN UTAMA KAPAL.
Þ
PROPELLER
= BALING-BALING.
Þ
RUDDER
= DAUN KEMUDI.
Þ
FORDWARD
= BAGIAN DEPAN LAMBUNG KAPAL.
Þ
DOUBLE
BOTTOM = KONSTRUKSI KAPAL DASAR BERGANDA.
Þ
BODY
PLAN = PENAMPANG VERTIKAL KAPAL (TAMPAK DEPAN).
Þ
DRAFT
= SARAT KAPAL. SARAT KAPAL TERBAGI MENJADI DUA, YAITU SARAT MUATAN PENUH DAN
SARAT MUATAN KOSONG.
Þ
BASE
LINE = GARIS DASAR
Þ
FRAME
= GADING. GADING TERBAGI MENJADI DUA, YAITU GADING UTAMA (MAIN FRAME) DAN
GADING BESAR ( WEB FRAME ).
Þ
BOLLARD
= TEMPAT PENGIKAT TALI TAMBAT KAPAL.
Þ
CHAIN
LOCKER = LUBANG YANG TERDAPAT PADA BAK PENYIMPANAN RANTAI JANGKAR YANG
BERFUNGSI UNTUK MEMBUANG KOTORAN DAN AIR LAUT YANG MENEMPEL PADA JANGKAR.
Þ
POOP
DECK = GELADAK KIMBUL.TERLETAK PADA BAGIAN AFTER. PANJANGNYA ADALAH 20%-22% LPP
(LENGHT BETWEN PERPENDICULAR).
Þ
MAIN
DECK = GELADAK UTAMA
Þ
BULLWARK
= BAGIAN LANTAI KAPAL PADA FORDWARD YANG DIBUAT TINGGINYA 2 M DARI MAIN DECK.
Þ
BULKHEAD
= SEKAT. SEKAT TERBAGI ATAS : SEKAT CERUK BURITAN (STERN TUBE BULKHEAD), SEKAT
RUANG MESIN (ENGINE ROOM BULKHEAD), SEKAT RUANG MUAT (MIDSHIP BULKHEAD), DAN
SEKAT TUBRUKAN / CERUK HALUAN (
COLLISION BULKHEAD).
Þ
DISPLACEMENT
= BERAT AIR YANG DIPINDAHKAN OLEH BADAN KAPAL DIDALAM AIR.
Þ
OIL TANK = RUANG MUAT BERUPA TANGKI MINYAK (
KHUSUS PADA KAPAL TANKER).
Þ
FORECASTLE
= BAGIAN SISI KIRI-KANAN KAPAL YANG BERBENTUK DINDING PELAT YANG FUNGSI AGAR
TIDAK TERJADI KECELAKAAN BAGI ANAK BUAH KAPAL SAAT PENAMBATAN TALI KAPAL.
TINGGINYA BERKISAR ANTARA 0,9 - 1,4 METER. PANJANGNYA ADALAH 8%-10% LPP (LENGHT
BETWEN PERPENDICULAR).
Þ
GRAVITY
= TITIK BERAT KAPAL.
Þ
BONJEAN
= GAMBAR GARIS LENGKUNG YANG MERUPAKAN BESARAN TIAP-TIAP STATION DARI SARAT NOL
SAMPAI GELADAK.
Þ
WATER
LINE = GARIS AIR.
Þ
BOAT
DECK = GELADAK SEKOCI. GELADAK YANG DIGUNAKAN UNTUK PENEMPATAN SEKOCI ATAU
DEWI-DEWI SEBAGAI ALAT KESELAMATAN PELAYARAN.
Þ
BRIDGE
DECK = GELADAK JEMBATAN.
Þ
STERN
TUBE = TABUNG POROS YANG DIGUNAKAN SEBAGAI MEDIA PELUMASAN POROS PROPELLER
DENGAN BEARING, JUGA DAPAT BERFUNGSI SEBAGAI PENYEKAT JIKA TERJADI KEBOCORAN.
PADA PERENCANAAN INI, SEBAGAI PELUMAS POROS DIGUNAKAN AIR.
Þ
TONNAGE
( TONASE ) = KEMAMPUAN DAYA ANGKUT KAPAL.
Þ
HYDROSTATIC
= GARIS LENGKUNG YANG TERDIRI DARI BEBERAPA MACAM KURVA UNTUK MENGETAHUI KARAKTERISTIK
BADAN KAPAL YANG TERBENAM DI DALAM AIR.
Þ
FREEBOARD
(DISEBUT JUGA PLIMSOLLMARK ATAU LOAD LINE.) = TINGGI TEPI GELADAK DARI
PERMUKAAN AIR YANG DIUKUR PADA MIDSHIP ATAU DISEBUT JUGA MARKA
KEAMBANGAN/LAMBUNG TIMBUL ATAU DAYA APUNG CADANGAN KAPAL.
Þ
METACENTRE
= TITIK TENGAH KAPAL (METASENTRA).
Þ
BUOYANCY
= TITIK TEKAN KE ATAS.
Þ
PORT SIDE = SISI KIRI LAMBUNG KAPAL.
Þ
STARBOARD
= SISI KANAN LAMBUNG KAPAL.
Þ
CARGO
HOLD = RUANG MUAT KAPAL ( NON KAPAL TANKER).
Þ
LIFE JACKET = JACKET KESELAMATAN.
Þ
LIFEBUOY
= ALAT KESELAMATAN PELAYARAN YANG BERUPA PELAMPUNG.
Þ
BREADHT
= LEBAR KAPAL.
Þ
AFTER
= BAGIAN BELAKANG KAPAL.
Þ
STEM
= HALUAN.
Þ
STERN
= BURITAN.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar