Minggu, 19 Desember 2010

GEOMETRI KAPAL

Pengetahuan tentang geometri kapal merupakan salah satu dasar pengenalan terhadap teori dan struktur kapal, dimana dengan bentuk bidang lambung kapal yang spesifik & unik serta melibatkan banyaknya kurva akan menuntut cara penggambaran teknis yang spesifik pula.
Beberapa istilah mendasar yang perlu diketahui a.l. adalah:
  1. Lpp :Length  perpendicular, adalah panjang kapal yang diukur antara dua garis tegaknya, yaitu garis tegak haluan (depan) yang ditentukan dari perpotongan antara garis air penuh dengan linggi depan (stem) dan garis tegak belakang yang diambil dari garis vertical poros kemudi kapal.
  2. LoA :Length Overall, adalah panjang keseluruhan kapal yang diukur dari ujung paling luar depan dan belakang kapal.
  3. LWL :Length Water Line, adalah panjang kapal diukur pada sarat penuh kapal (full draft)
  4. Breadth (B) : adalah lebar kapal yang diukur pada bagian tengah kapal (midship section)
  5. Draft (T) : atau sarat kapal, adalah tinggi bagian bawah lambung kapal maksimum yang diukur pada bagian tengah kapal (midship section)
  6. Depth (D) : atau tinggi kapal, adalah tinggi kapal yang diukur pada bagian tengah kapal (midship section
  7. Midship section: adalah bidang pada bagian tengah kapal yang diukur tepat membagi dua Lpp kapal.
  8. Center line : adalah garis sumbu poros membujur kapal yang terletak tepat ditengah lambung kapal, membagi bidang kapal sama besar antara kiri & kanan.
  9. Starboard side : sisi kanan kapal
  10. Port side : sisi kiri kapal
  11. Transverse Plane: adalah bidang yang didapatkan dengan memotong lambung kapal secara vertical tegak lurus segaris dengan center line.
  12. Transverse Plane: adalah bidang yang didapatkan dengan memotong lambung kapal secara vertical tegak lurus segaris dengan midship line.
  13. Waterline Plane : adalah bidang yang didapatkan dengan memotong lambung kapal secara horizontal segaris dengan waterline.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar